RESENSI FILM: Judul Film : “EMAK INGIN NAIK HAJI”

Judul Film : “EMAK INGIN NAIK HAJI”

Jenis Film:
– Drama

Pemain:
– Atik Kanser, Reza Rahadian, Didi Petet, Niniek L karim, Ayu Pratiwi, Henidar Amroe, Ustad Jeffry Al Bukhori

Sutradara:
– Aditya Gumay

Penulis:
– Adenin Adlan, Aditya Gumay

Produser:
– Putut Widjanarko, Adenin Adlan

Produksi:
– Mizan Productions & Smaradhana Pro

Durasi:
– 0

Sinopsis:

Emak, wanita usia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati, seperti umat Islam lainnya, sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya. Emak sehari-hari berjualan kue dan juga dari Zein, anaknya yang duda, penjual lukisan keliling. Walaupun Emak tahu bahwa pergi haji adalah hal yang sulit diraih, Emak tidak putus asa, dia tetap mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk disetorkan ke tabungan haji di bank. Zein, yang melihat kegigihan Emak, berusaha dengan berbagai cara untuk dapat mewujudkan keinginan Emak. Tapi, keterbatasannya sebagai penjual lukisan keliling, serta masalah-masalah yang diwarisinya dari perkawinannya yang gagal, menyebabkan Zein hampir-hampir putus asa dan nekat. Sementara, tetangga Emak yang kaya raya sudah beberapa kali menunaikan haji, apalagi pergi umroh. Di tempat lain ada orang berniat menunaikan haji hanya untuk kepentingan politik.

Apakah ada jalan bagi Emak agar keinginannya terwujud? Apakah yang dilakukan Zein? Diwarnai berbagai drama yang saling jalin-berkelindan, film ini berkisah tentang ketulusan hati dan kerinduan kepada Tuhan, serta kecintaan luar biasa seorang anak kepada ibunya.

Ulasan

Film yang berjudul ‘Emak Ingin Naik haji’ merupakan sebuah film bergenre drama religi yang diproduksi oleh Mizan. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak yang ingin mewujudkan impian ibunya yang ingin ibadah naik haji.

Secara umum film ini dapat dikatakan telah mencapai tujuannya dengan memainkan emosi penontonya. Pasalnya dengan kekuatan karakter dari para pemain, maka penonton yang menyaksikan film ini tentu akan menitikan air mata.

Walau telah berhasil memainkan emosi penonton, namun jika dilihat dari segi cerita yang ditampilkan maka dapat dikatakan kalau film ini sepertinya tak jauh berbeda dengan FTV atau Film Televisi. Pasalnya tema tersebut telah beberapa kali diangkat ke layar kaca.

Kekuatan dalam film ini malah terletak dari kemampuan acting para pemainnya. Salah satunya adalah aktris senior Aty Kanser yang mampu memerankan sosok seorang ibu yang memiliki impian dengan kesabaran menjadi pedomannya.

Bahkan peran yang dimain Reza Rahadian juga mampu memainkan emosi penontonnya. Dimana dirinya mampu membawakan karakter seorang anak yang sangat saying kepada ibunya, sehingga dirinya hamper terjerumus ke jalan yang salah demi mewujudkan impian sang ibu.

Jika masih penasaran ingin mengetahui tentang bagaimana perasaan cinta antara anak dan orang tua, maka tak ada salahnya jika menonton film ini bersama keluarga dan orang tua.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s