RESENSI ALBUM: Ariss – “Biarkanlah Cinta”

Ariss – “Biarkanlah Cinta”

Satu lagi pendatang baru di dunia musik Jazz Indonesia bernama Ariss, pria kelahiran 22 Oktober 1981 yang memiliki nama lengkap Ari Sanjaya ini memulai karir menyanyinya pada awal tahun 2000. Berbagai festivsl menyanyi pernah diikutinya seperti Akademia Fantasi Indosiar 2005 dan Indonesian Idol 2006.

Album perdana Ariss yang berjudul “Biarkanlah Cinta” ini berada di dalam naungan label E-motin Entertainment. Judul album Biarkanlah Cina dipilih karena semua lagu bercerita tentang cinta dalam beragam kisah. Hits single dalam album ini adalah lagu yang berjudul “Andai Saja”. Lagu ini diciptakan oleh salah sat musisi besar Indonesia yaitu Dian Pramana Poetra. 

Konsep Pop Jazz pada album ini menonjolkan nuansa chill dan easy listening sehingga arransemen lagunya terasa sangat berbeda dari musik penyanyi Indonesia lainnya. Beberapa lagu bahkan diberikan sentuhan swing dan blues. Penentuan konsep album ini atas keputusan bersama yaitu Aminoto Kosin selaku Music Directordan Arranger, Yudi Wanandi selaku produser serta Ariss sendiri sebagai penyanyi.

Musik di dalam album ini digarap secara serius dengan menggandeng beberapa musisi besar pop jazz Indonesia seperti Aminoto Kosin, Dian Pramana Poetra, Deddy Dhukun, Gihon, Jusuf Winardi,Sandy Winarta, Dion, Eugene, dan Revi. Format musik dari album ini sebenarnya minimalis, terdiri dari instrument seperti piano/keyboard, gitar, bass dan drum, namun additonal instrument seperti saxophone, percussion, contra bass memperkuat harmonisi musik yang ingin ditampilkan Ariss. Disalah satu lagu yang berjudul “Percaya S’lalu”, Ariss bahkan menunjukkan kemampuannya dalam menulis lagu. Jika didengarkan secara keseluruhan, nuansa musik dalam album ini cukup beragam mulai nuansa tahun 60an seperti di lagu “Sempatkanlah”, nuansa tahun 70an di lagu “Bebop Girl” dan nuansa 80andi lagu “Jatuh Cinta 1/2 Mati”. Namun arransemennya pun tetap dikemas dengan tampilan sound modern saat ini.

Track Listing Ariss – Biarkanlah Cinta:
01. Biarkanlah Cinta
02. Nona
03. Aku Ingin
04. Andai Saja
05. No Where Without You
06. Sempatkanlah
07. Percaya Slalu
08. Jatuh Cinta 1/2 Mati
09. Janji Setia
10. Bebop Girl

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s