TIPS MEMELIHARA IKAN HIAS

Rasanya bukan hal yang sulit untuk menghadirkan keindahan kehidupan di dalam
air di rumah kita. Baik itu berasal dari lingkungan air tawar, maupun dari lingkungan (air) laut. Yang diperlukan adalah sebuah bak kaca dan beberapa alat pendukung kehidupan mahluk air tersebut, sedikit pengetahuan dasar tentang kimia air, sedikit informasi mengenai perilaku penghuni, dan sedikit sentuhan seni.

Keindahan tidak harus berarti mahal, banyak alternatif penghuni akuarium yang
dapat dijadikan pilihan, dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan kemampuan serta selaraskan dengan keindahan yang ingin dihadirkan.

Dengan sedikit sentuhan seni, sesuatu yang sederhana bisa berubah menjadi karya yang spektakuler. Mulailah dengan memikirkan sebuah temakehidupan air yang ingin dihadirkan, sehingga orang akan mudah tergiring pada hal yang ingin ditonjolkan dari tampilan tersebut dan terperangkap dalam keindahan yang disajikan.

Satu hal yang perlu diingat bahwa keberhasilan memelihara ikan hias tergantung pada keberhasilan “memelihara” airnya. Apabila kita berhasil “memelihara” airnya maka ikan dan penghuni akuarium lainnya otomatis akan dapat memelihara dirinya sendiri.

Adakalanya kita akan menyadari, bahwa menjadi seorang hobiis ikan hias, mau tidak
mau, secara otomatis akan sekaligus pula menjadi seorang orang “ahli” kimia, fisika, biologi dan matematika. Tidak percaya?? Cobalah memulai memelihara ikan hias dan membuktikannya. Meskipun demikian, anda tidak akan sendirian, banyak para hobiis lain yang akan siap membantu anda. Kalau perlu ikutilah klub-klub ikan hias di tempat andaatau bergabunglah dengan kelompok-kelompok diskusi virtual mengenai ikan hias di internet. Salam dan Selamat Mencoba.

Warm Regards

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s