Nokia N97 segera hadir

nokia-n97

Suatu update twitter dari @mikecheung memastikan kabar bahwa Nokia N97 dan E72 tidak lama lagi akan masuk di Indonesia. Kemungkinan besar akan diumumkan bulan Juni depan (atau paling lambat bulan Juli). Salah satu fitur unggulannya tentu adalah Nokia Messaging yang merupakan senjata Nokia (terutama Eseries) menghadapi gempuran line up BlackBerry yang semakin menggerogoti pangsa pasar Nokia di Indonesia.

Sebelumnya, Nokia menguasai hingga 30-40% pasar seluler Indonesia, namun nampaknya keunggulan itu masih terus menurun, terutama di ranah high end seiring masuknya BlackBerry dan iPhone melalui 3 operator GSM besar. Saya pribadi sedikit memperhatikan bahwa gerai Nokia di beberapa mall sekarang jauh lebih sepi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Selain Nokia Messaging, Nokia nampaknya juga memasukkan aplikasi (native?) Facebook dan MySpace di fitur aplikasi built in-nya. Lucu juga bahwa ponsel kelas Nseries ini ternyata memiliki fitur yang jauh lebih mirip untuk dikategorikan ke Eseries, terutama dengan QWERTY keyboard-nya. Satu lagi senjata pamungkas adalah dibukanya Ovi Store, toko online Nokia yang bisa diakses secara global untuk mencari berbagai aplikasi.

Bagaimana soal harga? Jika E71 sekarang sudah berada di kisaran < IDR 4 juta, Seharusnya cukup aman memasukkan di angka IDR 5 jutaan. Tapi sayangnya, saya melihat gelagat bahwa sebagai ponsel Nokia  “paling high end” saat ini, Nokia mungkin akan memberikan pertarungan head-to-head antara N97 dengan BlackBerry high-end (Curve 8900, Storm, Bold) di harga 6-7 jutaan.

Bukankah Nokia selalu melakukan hal ini sebelumnya? Semoga saya salah untuk kali ini sehingga meningkatkan daya tarik Nokia di mata masyarakat konsumtif Indonesia.

Update: N97 di USA akan dijual (sebelum subsidi) seharga US$ 699. Artinya prediksi saya tidak meleset bahwa harganya tidak akan jauh dari kisaran IDR 6-7 jutaan.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s