SEPUTAR KANKER SERVIKS

Kanker Serviks atau istilah medisnya cervical cancer merupakan kanker dengan penderita terbanyak di Indonesia. Kanker leher rahim itulah sebutan Indonesia bagi kanker serviks. Kanker ini terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). Diperkirakan ada sekitar 2,2 juta wanita di dunia menderita kanker ini. Ih.. ngeri ya.Bagi para wanita, kanker serviks sudah tidak bisa dianggap remeh lagi. Berikut Gejala kanker serviks.

Waspadalah bila anda mengalami pendarahan vagina yang tidak normal, seperti misalnya anda tiba-tiba mengalami pendarahan di antara periode menstruasi rutin, mengalami menstruasi yang lebih lama dan lebih banyak dari biasanya, serta anda mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual atau menjalani pemeriksaan panggul. Rasa sakit saat anda berhubungan seksual bisa menjadi satu gejala yang sebaiknya anda tindak lanjuti.

Terlalu vulgar? ah.. tidak saya rasa. Demi pengetahuan. Lanjut? lanjut kang

Tidak ada asap apabila tidak ada api. Begitu pula dengan kanker serviks. Penyebab timbulnya kanker serviks adalah:

Human Papilloma Virus (HPV) ‘didakwa’  sebagai penyebab timbulnya kanker serviks di lebih dari 95% kasus. Ada sekitar 100 jenis HPV yang menyerang manusia, di mana sebagian besar tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

Yang terpenting dari semuanya adalah pencegahan, bukan begitu? Berikut apa yang harus anda lakukan untuk menghindari timbulnya kanker serviks.

  • Rutinlah melakukan test Pap Smear yang dapat mendeteksi adanya sel abnormal pada serviks sedini mungkin.
  • Kanker serviks dapat dicegah dengan pemberian vaksin anti HPV yang mampu memberikan perlindungan terhadap HPV resiko tinggi (tipe 16 dan 18) penyebab utama kanker serviks
  • Vaksin anti HPV ini juga mampu memberikan perlindungan terhadap HPV resiko rendah (tipe 6 dan 11) penyebab genital warts atau kutil di daerah kelamin.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s