Street Fighter 4

sf4-pic-1

Generasi ke 4 game fighting yang berjudul Street Fighter dari Capcom kini telah hadir dalam berbagai platform, mulai dari Playstation 3, Xbox360, Nintendo Wii, PC, NDS, PSP, Playstation 2, hingga mesin arcade. Pada Street Fighter 4, Capcom mengemas beberapa elemen baru, seperti visual yang unik dan indah, pertarungan dengan feature baru yakni Focus Attack, hingga tambahan karakter baru.

Game ini menyajikan permainan Single-Player, Two-Player Match, dan Online Multiplayer mode. Bagi gamer yang ingin bermain bersama komputer. Juga tidak boleh meremehkan AI di Street Fighter 4. Mereka bakal membuat gamer berkucur keringat disetiap ronde. Tapi terkadang mereka hanya mengeluarkan jurus yang itu – itu saja. Sehingga dengan gampang gerakan AI dibaca oleh kita.

Berbicara pertarungan dengan feature baru, yakni Focus Attack. Sebuah jurus baru yang tidak hanya memungkinkan gamer untuk mementahkan serangan lawan tapi juga menyerap dan mencounter attack lawannya. Dan damage yang didapat dari sewaktu menyerap serangan lawan akan segera pulih setelah gamer melancarkan counter attack lawannya.

sf4-pic-2

Untuk melancarkan Focus Attack, gamer hanya tinggal menekan tombol pukulan ringan dan tombol tendangan pada saat yang bersamaan. Focus Attack sendiri terbagi menjadi 3 tipe. Untuk tipe pertama, gamer menekan tombol dan lepaskan, maka karakter akan mengeluarkan serangan yang lemah yang bisa diblok oleh lawan. Untuk tipe kedua, gamer menahan tombol sekitar 2 detik lamanya sehingga karakter gamer terlihat mulai bercahaya, lalu lepaskan tombolnya, maka karakter akan mengeluarkan serangan yang lumayan kuat.

Pada tahap ketiga, gamer menahan tombol sekitar 3 detik lamanya dan lepaskan tombol, maka karakter akan mengeluarkan serangan yang tidak dapat di blok oleh lawanmu. Saat serangan ini sudah dikeluarkan, gamer juga dapat langsung mengkombinasikan dengan jurus lain untuk menciptakan serangan kombo. Selain feature baru itu, gamer masih dapat mengeluarkan jurus – jurus lainnya, seperti Jurus Ultra Move yang hanya dapat dilancarkan, jika Revenge Meter terisi hingga penuh dan muncul kata “Ultra”. Revenge Meter akan terisi dengan sendirinya, jika gamer berhasil memberikan damage pada lawannya.

sf4-pic-3

Kemudian jurus Super Moves yang memiliki damage yang cukup kuat. Jurus ini dapat dilancarkan setelah Super Meter yang bewarna biru (teletak dibawah layar permainan) itu terisi penuh dan muncul kata “Super”. Begitu juga untuk jurus EX Moves akan menyedot Super Meter juga. Selain dari jurus diatas, gerakan seperti membanting, dash, dll juga bisa gamer lakukan. Dan yang terakhir, gamer juga dapat mengejek lawanmu dengan menekan tombol pukulan keras dan tendangan secara bersamaan.

Karakter karakter yang muncul di Street Fighter 4 selain karakter lama juga ada tambahan beberapa karakter baru, Berikut ini list karakter Street Fighter 4, yakni Abel, Akuma, Balrog, Blanka, Cammy, Chun li, Crimson Viper, Dan, Dhalsim, Honda, El Fuerte, Fei long, Gen, Gouken, Guile, M. Bison, Rose, Rufus, Ryu, Sagat, Sakura, Seth, Vega, Zangief.

Dari segi visual, Street Fighter 4 mengalami perubahan besar, Dimana Capcom mengkombinasikan lingkungan dan karakter 3D dalam kombinasi tampilan gameplay 2D dan 3D. Hasilnya menjadi tampilan yang unik dan indah. Tidak hanya itu saja, pada saat tertentu kamera akan mengambil sudut pandangan dari arah yang berbeda – beda, sehingga elemen 3D terlihat nyata. Untuk Audionya, Street Fighter 4 menyajikan musik dengan irama yang cepat dan suara latarnya pun tak kalah kedengaran dengan musik permainan. Seperti suara teriakan penonton di jalan.

sf4-pic-4

Kesimpulannya, Street Fighter 4 mesti menjadi game fighting koleksimu. Dengan feature baru, tambahan karakter baru, pertarungan yang berlangsung dengan cepat dan kepiawaian memainkan jari – jarimu di kontrol serta ketepatan membaca gerakan lawan memberikan tantangan tersendiri dalam game fighting ini. Selain itu juga point lebih ada pada visual yang unik dan indah, membuat gamer lupa waktu saat memainkannya bersama teman – teman.

Street Fighter 4
Publisher: Capcom
Developer: Capcom
Genre: Fighting
Platform: X360

Score
Gameplay 80
Graphic 80
Sound 75

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s