BlackBerry Mana yang Terbaik?

 

Sepanjang 2008 merupakan masa penting bagi BlackBerry karena merilis dua handset revolusioner Bold dan Storm. Selain itu BlackBerry juga menerobos pakem dengan meluncurkan Pearl Flip 8220. Sebaiknya pilih yang mana?

Bold, Storm dan Pearl Flip merupakan terobosan besar yang dilakukan BlackBerry. Bold merupakan smartphone pertama yang mendukung HSDPA kecepataan tinggi. Sedangkan Storm merupakan BlackBerry pertama yang memiliki layar sentuh.

Research in Motion (RIM) juga menerobos standar form factor batang permen yang biasa diusung dengan merilis Pearl Flip yang berbentuk clam shell atau cangkang.

Tampaknya RIM ingin memperluas pasar kunonya, tidak hanya pegawai kantor dan pebisnis yang sering bepergian. Namun juga ingin menggapai konsumen lebih muda melalui BlackBerry Pearl Flip. Lalu handset BlackBerry mana yang paling tepat?

BlackBerry Bold 9000 merupakan handset yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya sejak lama. Handset ini memiliki fitur yang kaya, serta desain yang kecil dipadukan dengan software menawan.

Kelebihan Bold ini desainnya cantik, keyboard QWERTY yang menawan, setup email yang mudah, serta daya tahan baterai yang panjang. Sementara kekurangannya beberapa software termasuk browser dan maps kadang ada gangguan.

Untuk jaringan, Bold ini adalah jagonya. Singkat kata, Bold melibas semua teknologi jaringan yang ada, mulai dari Bluetooth, 802.11b, 802.11g, Wi-Fi (802.11b/g) , EDGE, UMTS, dan HSDPA. Selain itu kamera yang diusung 2 megapiksel.

Lewat Bold, RIM ingin mengikuti tren perangkat mobile yang langsing. Bold memiliki ukuran lebih tipis beberapa milimeter dibandingkan pendahulunya. Secara keseluruhan Bold merupakan lompatan besar di jajaran BlackBerry dan penggemarnya tidak akan kecewa.

Semua yang disukai pada BlackBerry model lama ada di Bold termasuk Brickbreaker. Handset ini terlihat fantastik dan bisa diandalkan karena ketipisannya, meskipun beberapa software perlu pembenahan.

Pilihan kedua adalah BlackBerry Curve 8900. Handset ini tampak seperti “Baby Bold” tapi ternyata “Bold lite”. Karena banyak fitur Bold yang telah dikurangi. Termasuk tidak ada dukungan 3G.

Orang mungkin akan menganggap Curve hanya sebagai model BlackBerry lain dan tidak ada istimewanya. Namun 8900 sebenarnya sangat kaya fitur dengan desain trim stainless steel, serta display yang menakjubkan. RIM menyebutnya sebagai handset full-QWERTY teramping dan teringan pada saat diluncurkan

Yang membedakan handset ini adalah unggul di bidang multimedia, selain kemampuan utamanya sebagai pendukung bisnis. Untuk menonjolkan multimedia ini, Curve didukung kamera 3.2 megapixel juga built-in Roxio media player yang bisa memainkan video DivX, XviD, WMV dan MP4.

Tidak adanya dukungan 3G pada 8900 menjadikan pamor hadset ini turun jauh. Untuk browsing hanya bisa dilakukan dengan kecepatan GPRS. Padahal kecepatan GPRS ini sama seperti internet dial up zaman dulu.

Jika ingin tampil beda, terobosan desain dilakukan RIM dengan meluncurkan BlackBerry Pearl Flip 8220. BlackBerry clam shell pertama ini terlihat hebat meskipun tanpa dukungan 3G.

Kelebihan handset ini memiliki desain indah, layar yang hebat dan Wi-Fi. Sementara kekurangannya tidak ada 3G, form factor tidak nyaman untuk mengambil foto atau menonton video, selain browser perlu di-tweak terlebih dulu.

Inovasi lain juga dilakukan RIM pada BlackBerry Storm 9500. Layar clickable memberikan rasa percaya diri, meskipun Storm merupakan handset BlackBerry layar sentuh pertama. Handset ini memang bukan untuk semua orang. Namun jika sudah familiar maka akan memberikan pengalaman mengoperasikan smartphone yang hebat.

Kelebihan Storm adalah layar sentuh dan teknologi SurePress. Codec videonya juga hebat ditambah fungsionalitas bisnis yang bisa diacungi jempol. Kekurangannya adalah tidak ada Wi-Fi. Di antara BlackBerry Bold dan iPhone 3G, maka di situlah tempat BlackBerry Storm. Jadi pilih yang mana?

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s