Durasi Sesi Pemanasan MotoGP Diperpanjang

MOTEGI – Sesi kualifikasi MotoGP memang telah resmi dibatalkan karena hujan deras. Sebagai gantinya, panitia lomba memutuskan memperpanjang durasi sesi pemanasan sebelum lomba digelar, Minggu (26/4/2009) esok.

Sebagaimana dilaporkan Crash, Sabtu (25/4/2009), menurut jadwal sebenarnya, sesi pemanasan yang dimiliki setiap tim sebelum balapan digelar adalah 20 menit. Namun, dengan insiden ditiadakannya sesi kualifikasi, Sabtu siang WIB, maka panitia akan menggandakan durasi sesi warm-up menjadi 40 menit.

Dengan berlakunya keputusan ditiadakannya satu sesi free practice mulai musim ini dengan alasan penghematan biaya terkait krisis global, para pembalap memang hanya memiliki kesempatan dua kali menjalani free practice. Kedua sesi free practice tersebut masing-masing berdurasi 45 menit.

Dalam kasus ini, para pembalap memang telah menjalani dua sesi latihan bebas tersebut, yakni satu sesi digelar dengan kondisi kering (Jumat), sementara satu sesi free practice lainnya dilaksanakan dalam kondisi hujan. Namun, dengan dibatalkannya sesi kualifikasi, tentu para pembalap banyak mengeluh karena urutan pembalap mengacu pada hasil free practice.

Selain itu, mereka juga merasa kesulitan mencari setelan yang tepat untuk motor karena sesi free practice singkat dan ditiadakannya sesi kualifikasi. Untuk itulah panitia lomba memutuskan memperpanjang durasi lomba menjadi 40 menit dengan harapan, para pembalap bisa lebih leluasa menentukan setelan motor yang tepat.

Perpanjangan sesi pemanasan akan berlaku untuk semua kelas yakni 125cc, 250cc dan MotoGP. Sementara pembagian jadwalnya sebagai berikut; Kelas 125cc akan digelar mulai pukul 8.35-9.05, kelas 250cc mulai pukul 9.15-9.45, sementara kelas MotoGP akan dimulai pukul 9.55-10-35, waktu setempat, Jepang.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s