BASKET : DEL NEGRO TANGANI BULLS

Vinny Del Negro, beban angkat prestasi Bulls
Vinny Del Negro, beban angkat prestasi Bulls
Foto: Getty Images

 Chicago, BOLASportsLine/AP Usai sudah pencarian pelatih baru Chicago Bulls. Setelah menyeleksi dan melakukan negosiasi dengan beberapa kandidat pelatih baru. Bulls akhirnya memutuskan untuk merekrut Vinny Del Negro sebagai pelatih musim depan.

Sebelum resmi menunjuk Del Negro. Manajeman Bulls sempat melakukan pedekatan intensif dengan dua pelatih kawakan yakni Mike D’Antoni (pelatih Phoenix Suns) dan Doug Collins, mantan pelatih Washington Wizard yang kini menjadi pembacara acara basket di stasiun TNT.

Perburuan D’Antoni dibatalkan karena sang pelatih lebih memilih untuk menukangi New York Knicks. Sementara itu Collins memutuskan untuk tidak ingin menjadi pelatih lagi.

Tugas besar terbentang di depan mata Del Negro. Tetapi ia optimis akan membawa tim ini ke arah yang lebih baik lagi. “Saya tidak memiliki pengalaman melatih sebelumnya. Namun, dengan membangun mental juara pada pemain muda maka saya yakin proses itu akan melahirkan kemenangan,”tandas pria bernama lengkap Vincent Joseph Del Negro itu kepada AP, Kamis (12/7)wib.

Kehadiran Del Negro diharapkan dapat mengangkat Bulls kembali masuk jajaran klub elit. Setelah terakhir kali masuk play off pada musim lalu. Tahun ini Bulls gagal menembus delapan besar wilayah Timur sebagai syarat untuk menikmati babak sistem gugur itu.

Musim lalu perjalanan Bulls tidak mulus. Memulai awal musim dengan pelatih Scott Skiles. Namun, pada bulan Desember 2007, akibat prestasi buruk Skills akhirnya dipecat. Paruh musim kedua, Bulls dilatih Jim Boylan. Sayang, Boylan gagal menangkat performa Bulls dan gagal melaju ke play-off. Hingga akhir musim juara tujuh kali NBA itu hanya mampu mencatat rekor 49 menang dan 49 menderita kekalahan.

Kiprah Del Negro di kancah NBA terbilang lama. Dalam catatan karirnya ia telah membela sejumlah tim NBA seperti San Antonio Spurs (1993-1998), Milwaukee Bucks (1999-2000), Golden State Warriors (2000-2001) dan Phoenix Suns tahun paruh 2001.

Setelah pensiun, mantan point guard itu menjadi komentator pertandingan Suns sebelum ia dipromosikan menjadi direktur pemain pada tahun 2006. Posisi terakhir Del Negro yakni menjadi asisten pelatih D’Antoni.
Eky Rieuwpassa

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s